Solo Techno Park

5 Feb 2014

Solo Technopark (STP) adalah pusat pendidikan dan teknologi, regional dalam karakter dan internasional dalam lingkup. STP dari Kota Surakarta akan mempromosikan pembangunan daerah melalui hubungan sinergis antara Industri, Pemerintah dan Akademisi, yang disebut “Triple Helix”.

Komponen penting adalah fasilitasi sumber daya manusia yang dicirikan khususnya dengan memberikan layanan pendidikan di bidang aplikasi praktis industri. Layanan lain dari STP adalah meningkatkan kewirausahaan dan inovasi dengan menggunakan inkubator canggih dan penyebaran layanan konseling yang ekstensif, baik dalam konteks teknis dan operasional untuk ekonomi lokal.

Semua layanan STP yang sudah eksis maupun yang direncanakan di masa depan bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan kinerja perusahaan lokal, untuk menjamin peningkatan kesempatan kerja dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Alamat :

Jl. Ki Hajar Dewantara
Kentingan, Jebres, Surakarta
Jawa Tengah, Indonesia
Tel  : +62 (0) 271 66 66 28
Fax : +62 (0) 271 66 88 48
E-Mail:  info@solotechnopark.com

CEPA

Pusat Pendidikan dan Aplikasi Praktik (CEPA) menawarkan program pelatihan praktik dan jasa konsultasi untuk teknologi terapan dan melengkapi portofolio pelatihan dan konsultasi di Solo Technopark.

Dengan program pelatihan yang disesuaikan, keterampilan profesional dari lulusan sekolah kejuruan dan perguruan tinggi, guru sekolah kejuruan dan karyawan industri akan ditingkatkan sehingga meningkatkan peluang mereka pada pasar tenaga kerja masing-masing dan juga kemampuan mereka untuk mengajar siswa secara efektif.

Saat ini, sesi pelatihan ditawarkan dalam bidang berikut:

1. MANUFACTURE MECHANIC

Program pelatihan selama sembilan bulan terdiri dari tiga tahap:

Tahap 1 (Keterampilan Dasar Mekanik) siswa mempelajari dasar-dasar mekanik manufaktur. Didukung oleh pelatih berpengalaman, para peserta belajar menangani peralatan mesin modern dan penerapan teknik proses produksi modern.

Tahap 2 (Keterampilan Terapan) keterampilan yang diperoleh dari tahap 1 akan diperdalam. Hal ini termasuk aplikasi praktis tertentu, di mana para peserta belajar memecahkan masalah praktis dalam bidang manufaktur dan perakitan mekanik.

Tahap 3 (Magang Kerja) peserta lulus magang industri tiga bulan untuk lebih meningkatkan keterampilan mereka sehingga siap menghadapi aktifitas di masa depan dalam dunia industri.
Setelah berhasil menyelesaikan semua tahap program pelatihan, para peserta menerima sertifikat (Sertifikat Keahlian) dan dukungan dalam mencari pekerjaan.

2. Pengelasan

Dalam bidang teknologi pengelasan Solo Technopark telah membentuk Pusat Pengelasan yang menawarkan pelatihan dasar dan lanjutan serta jasa teknis seputar masalah pengelasan.

Program yang ditawarkan antara lain oxy-fuel, las gas inert (MIG, MAG, dan TIG) dan las listrik (MMA). Oleh karena itu disediakan 24 bilik pengelasan dengan peralatan paling modern.

Selain itu, juga tersedia pelatihan khusus untuk pengelasan bawah air. Dengan tangki pelatihan berukuran lebar 8 x 8 m dan dalam 10 m para peserta akan memperoleh pengalaman praktik pengelasan bawah air. Setelah selesai mengikuti kursus, para spesialis yang berkualifikasi tinggi kemudian akan bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan misalnya: struktur terapung, kapal dan rig minyak.

3. GARMENT MECHANIC

Pada bagian pertama dari kursus ini para peserta akan mendapatkan pemahaman dasar proses operasional dalam industri garmen. Setelah itu siswa dilatih dalam menangani mesin-mesin yang lain seperti mesin jahit dan obras. Selain aplikasi praktis para siswa juga belajar tentang teknik mesin, terutama dalam perbaikan dan pemeliharaan. Setelah berhasil menyelesaikan kursus ini, para peserta akan menerima sertifikat keahlian yang menawarkan sebuah peluang kerja yang lebih baik dalam industri garmen.

Teaching Factory

Konsep Teaching Factory merupakan ektensi dari kurikulum sekolah kejuruan pilihan di kota Solo. Setelah pendalaman teori dasar di sekolah-sekolah kejuruan, para siswa senior belajar untuk mengembangkan produk dan jasa dalam kondisi produksi yang sebenarnya. Mereka didukung bimbingan unggul para pelatih berpengalaman dan fasilitas produksi yang mutakhir. Dengan demikian kesenjangan antara kebutuhan praktis dunia industri dan pelatihan teoritis di sekolah kejuruan akan tertutup sehingga meningkatkan peluang karier siswa.
Saat ini, program pelatihan yang berorientasi aplikasi ditawarkan dalam bidang-bidang berikut:

1. Otomotif

Teaching Factory memiliki dua lini perakitan terpasang dimana perakitan parsial dan final dari kendaraan bermotor dilakukan oleh siswa di dalam kondisi industri yang sebenarnya. Termasuk tugas-tugas seperti pemasangan seluruh kabel serta kipas pada bodi dan rangka. Saat ini tersedia dua jenis kendaraan yang menarik, sebuah pick-up berkabin ganda dan sebuah SUV telah dirakit dan disajikan ke pasar. Jasa, suku cadang dan perbaikan juga ditawarkan oleh unit otomotif.

2. IT / Electronik

Dalam unit IT / Elektronik, siswa merakit komponen elektronik berkualitas tinggi untuk netbook yang handal, PC dan proyektor digital yang handal. Suatu kontrol kualitas terus menerus memastikan segala sesuatunya beroperasi dengan baik. Produk ini ditawarkan dengan harga yang menarik, sebuah konfigurasi hardware yang mutakhir serta garansi satu tahun. Namun, jika perbaikan itu diperlukan, dapat dilakukan oleh siswa dari unit ini. Netbooks / PC dilengkapi dengan instalasi sistem operasi terbuka “Ubuntu” dan paket “Open Office”.

3. Teknik Mesin

Di bidang Teknik Mesin siswa disediakan mesin produksi mutakhir di bidang milling, turning dan drilling. Selain pembuatan komponen-komponen, perakitan parsial dan final dari mesin juga merupakan tugas yang dilakukan siswa. Saat ini, peralatan mesin berkualitas tinggi dan aksesoris sudah ditawarkan ke pasar. Pemeliharaan dan perbaikan juga dilakukan oleh unit Teknik Mesin.

Untuk Biaya Pendaftaran Pelatihan Dasar (Mesin Perkakas) sebesar Rp. 7.600.000 (pada waktu pendaftaran Rp. 3,6 juta, sisanya dapat dicicil selama 3 bulan). Pelatihan ini akan memakan waktu selama 3 bulan. Setelah 3 bulan, peserta pelatihan akan dijuruskan ke jurusan pengelasan atau mekanik garmen. Khusus untuk pengelasan dalam air (underwater wielding) terdapat penambahan biaya pendidikan sebesar Rp. 15.000.000.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Solo Techno Park.

 

Kategori Berita: