Jaminan Persalinan

5 Feb 2014

Pemerintah Kota Surakarta melaksanakan program jaminan persalinan (Jampersal) yang telah diluncurkan pemerintah pusat sejak bulan Februari 2011. Mulai pertengahan April lalu, Pemerintah Kota Surakarta memberikan layanan gratis untuk ibu hamil yang meliputi pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, perawatan melahirkan sampai dengan perawatan pasca melahirkan.dengan anggaran sekitar Rp 1,8 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, dr. Siti Wahyuningsih, S.Km. mengemukakan Jampersal diberikan kepada semua ibu hamil, khususnya bagi mereka yang belum terdaftar dalam program jaminan kesehatan, agar dapat mengakses pemeriksaan persalinan, pertolongan persalinan, pemerikasaan nifas dan pelayanan keluarga berencana (KB) oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan.

Di Puskesmas, program itu juga akan diberlakukan pada rumah sakit-rumah sakit daerah dan swasta di Solo yang selama ini bekerja sama dengan pemerintah dalam hal Jamkesmas,” ujar dr. Ning. Layanan tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi warga Solo saja, namun warga luar Kota Solo juga berhak mendapatkan layanan kesehatan tersebut. “Yang penting pemeriksaan sampai dengan perawatan dilakukan di Solo" katanya. dr. Siti Wahyuningsih menambahkan, pelayanan tersebut meliputi empat kali biaya pemeriksaan selama proses kehamilan, biaya persalinan, perawatan dan setelah kelahiran dengan pelayanan setara kelas III.

Tujuan Jaminan Persalinan
Meningkatnya akses terhadap pelayanan persalinan yang dilakukan oleh dokter atau bidan dalam rangka menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi) melalui jaminan pembiayaan untuk pelayanan persalinan.

Sasaran
Yang dijamin oleh Jaminan Persalinan seluruh sasaran yang belum memiliki jaminan persalinan, meliputi : ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas (sampai 42 hari pasca melahirkan) dan bayi baru lahir (sampai dengan usia 28 hari).

Lokasi Pelayanan Jaminan Persalinan

  • 40 bidan dan rumah bersalin yang telah bekerja sama dengan pemerintah
  • puskesmas dan rumah sakit yang telah ditunjuk ada di Solo
  • rumah sakit yang telah ditunjuk adalah :
  1. RSUD Dr. Moewardi,
  2. RS. Dr. Oen,
  3. RS Kasih Ibu,
  4. RS PKU Muhammadiyah,
  5. RS Islam Kustati,
  6. RS Panti Waluyo
  7. RS Slamet Riyadi.

Untuk pelayanan tingkat dasar, pasien cukup menunjukkan Kartu Identitas diri dan buku KIA. Selanjutnya untuk pelayanan rujukan, syarat tersebut diatas disertai dengan Surat Rujukan dari Puskesmas/RB/BPM/RSUD yang memiliki PKS dengan program ini. Jika ada masalah atau konsultasi dapat menghubungi Tim Pengelola Jamkesmas/J ampersal melalui call center (0271) 7063511 - 7063522.