Kelurahan Keprabon, Pusat Kebudayaan dan Rumah Deret

18 Apr 2017

Kelurahan Keprabon adalah salah satu kelurahan yang ada di Kota Solo yang terletak di pinggir Kali Pepe, sehingga sebagian besar warganya bertempat tinggal di bantaran Kali Pepe. Pemerintah Kota Surakarta melakukan penataan dan revitalisasi bantaran sungai yang membuat warga dibantaran sungai harus pindah atau ditata dengan menggunakan Rumah Deret.

Banyak Rumah Deret yang dibangun di Kelurahan Keprabon, ini yang membuat Kelurahan Keprabon menjadi pusat pembangunan Rumah Deret yang ditata sedemikian rupa sehingga mempercantik wajah Kelurahan Keprabon. Selain itu, ada beberapa tempat yang sangat perlu disinggahi di Kelurahan Keprabon, seperti Ngarsopuro hingga Pasar Triwindu. Pasar yang menyediakan barang-barang antik ini didirikan pada tahun 1939 dan ada ratusan pedagang di pasar tersebut.

https://youtu.be/KZsw6PiQ2Eo

Selain itu ada salah satu pusat kebudayaan Jawa berdiri di Kelurahan Keprabon, yaitu Pura Mangkunegaran. Menjadi salah satu pusat latihan kesenian Jawa seperti menari dengan adanya sanggar tari Soerya Sumirat yang didirikan oleh GPH Herwasto Kusumo (alm) yang terkenal hingga mancanegara.

Kategori Berita: