Kampung Edukasi dan Industri Kreatif

30 Mar 2017

Kantor Kelurahan Jebres sebagai pusat pelayanan warga masyarakat serta sebagai tempat kegiatan dan aktifitas dari organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan yang ada, berada di Jalan Pracanda I/09 Solo. Jika dilihat dari letak lokasi Kantor Kelurahan Jebres berada pada posisi yang memungkinkan semua warga masyarakat dengan mudah dan terjangkau dalam mengakses segala keperluannnya.

Kelurahan Jebres merupakan salah satu diantara 11 kelurahan yang ada di Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Kelurahan Jebres memiliki wilayah yang cukup luas (317,5 ha), membentang dari perempatan panggung hingga taman satwa Jurug, dan memiliki 36 Rukun Warga (RW) dan 128 Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 24.000 jiwa, yang menjadikan Kelurahan Jebres merupakan kelurahan terbesar ke-4 di Kota Surakarta.

https://youtu.be/HpxZqlKtTDw

Keunikan lain yang dimiliki Kelurahan jebres adalah dinamika masyarakat yang tertata dengan cukup baik, hal ini dikarenakan adanya sinergi yang terbangun melalui kesepakatan-kesepakatan antara Pemerintah

Kelurahan Jebres dengan Lembaga Kemasyarakatan yang ada. Kelurahan Jebres boleh disebut Kelurahan Berpendidikan. Pasalnya, beberapa kampus berada di wilayah tersebut seperti UNS dan STSI. Sekitar 10.000 jiwa mahasiswa dari luar Kota Solo kuliah disana. Selain itu, salah satu industri kreatif yang berada di Kelurahan Jebres yakni pengrajin kain lukis. Kain lukis produk Kelurahan Jebres selain di jual di dalam negeri juga pernah sampai pasaran Eropa.