Donat Flow, Kuliner Baluwarti Yang Nge Hitz di Medsos

22 Mar 2017

Kelurahan Baluwarti adalah sebuah kelurahan di kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Di Kelurahan ini antara lain terdapat Keraton Kasunanan Surakarta, sekolah-sekolah kratonan, dan bangunan-bangunan bersejarah lainnya di Surakarta yang menjadikannya salah satu tujuan wisata di Solo.

Kelurahan ini istimewa sebab berada di dalam lingkungan benteng Keraton Surakarta. Baluwarti juga adalah satu-satunya kelurahan yang seluruh penduduknya menempati tanah milik keraton. Kini Baluwarti merupakan salah satu kampung wisata budaya dan kuliner di Surakarta.

https://youtu.be/aL00cEn8D1w

Donat “Flow” destinasi kuliner maupun oleh-oleh khas Kota Solo yang sedang naik daun di dunia maya/media sosial. Donat “Flow” beralamatkan di Jl Wirengan no 26 Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Beni, pemilik donat Flow mengatakan usaha donat yang dirintisnya sejak tiga tahun silam. Awalnya, produk donat dijual sendiri keliling pasar klewer. Lambat laun, usahanya pun membuahkan hasil berkat sering memposting produknya di media sosial. Para konsumennya pun memposting produknya setelah memakan donat miliknya. Ternyata banyak tanggapan positif dari nettizen.

Banyaknya pesanan via online membuatnya fokus berjualan di rumah. Beni mengaku kewalahan melayani konsumen baik pesanan via media sosial atau konsumen yang datang langsung ke rumahnya. Padahal, dalam satu hari dirinya dapat membuat 2000-3000 donat. Jumlah tersebut belum memenuhi pesanan konsumen via online. Harga per dus donat isi enam mulai dari 15-20 ribu tergantung varian/topping donat.